Ini Pengalaman saya bagaimana memulai belajar Internet

Koneksi internet pertama saya itu sekitar tahun 90an, nebeng di komputer saudara, dan pake modem speed 14.4kbps saja!. Bayangin dulu kalo mau buka yahoo saja butuh lebih dari 1 menit loh. Menikmati layar yang terbuka sedikit demi sedikit, merupakan kenikmatan tersendiri waktu itu. Betapa excitednya melihat “dunia luar” lewat internet.

Sekitar akhir 98an , internet masih “mahal” , karena speed internet 1 Mbps saja itu masih mewah. Internet saat itu masih harus langganan cukup mahal sekitar ratusan ribu rupiah untuk dapet koneksi internet 56.kbps lewat modem biasa. Lalu bermunculan usaha warnet dan sharing internet dari satu tower direct dengan speed sampai 1Mbps.

Tahun 2000 an mulai belajar web programming PHP, bikin web ecommerce yang jaman itu sedang hits dibahas, namun masih minim eksekusi nya di Indonesia. Belanja Online masih tabu saat itu. Dan 10 tahun kemudian.. Ecommerce benar benar terwujud hingga saat ini.. amazing!

Sungguh perubahan yang sangat cepat sejak dunia in your hand, setiap orang sekarang sudah punya handphone yang terkoneksi ke internet. Betapa Kuota Internet lebih penting dari sekedar pulsa biasa. Orang lebih takut kehabisan kuota. Orang sekarang lebih gelisah ketika hp nya ketinggalan atau hilang daripada dompetnya sendiri, ya kan?

Keadaan seperti ini kita harus segera beradaptasi. Jaman sekarang kita seolah dipaksa untuk belajar Internet, Go Online! siapa pun anda. Memasuki tahun 2020 dunia langsung “terlockdown” oleh pandemi covid-19. Secara mengejutkan dunia berubah menjadi deglobalisasi.. semua terisolir, memaksa setiap pelaku usaha baik government maupun swasta untuk memanfaatkan Jalur Online untuk tetap menjalankan usahanya. Bagi yang tidak bisa beradapatasi memang akan mengalami hambatan untuk survive.

Passion saya sejak dulu adalah di dunia digital, apa apa yang berbau gadget maupun software yang ada kaitannya dengan dunia IT selalu menarik buat saya. Bahkan sebelum trend ecommerce seperti saat ini, saya dulu pernah belajar dan membuat website ( 20 tahun silam ). Namun saya sadar ternyata belajar teknis saja tidak cukup. Selain sudah tau berbagai teknik, di dunia internet marketing itu dituntut RAJIN dan KONSISTENSI.

Ada istilah dimana si Pintar yang MALAS akan Kalah oleh Pemula yang RAJIN . Yup betul sekali, syarat sukses di dunia online, adalah RAJIN dan KONSISTEN. Perlu Effort dan komitmen serta disiplin yang kuat untuk melakukan hal hal yang sudah diajarkan di materi materi internet marketing.

Saya sendiri gabung ke komunitas SB1M, untuk mendaptkan komunitas dan ilmu di bidang digital marketing. Kunci nya tetap sama, yaitu disiplin eksekusi dan konsisten. Berbagai jurus yang diajarkan di kelas online SB1M tetap pada akhirnya eksekusi lah yang akan berpengaruh besar terhadap bisnis yang sedang kita jalankan.

Mau Join Juga di SB1M ? klik DISINI